Transformasi Digital Perkuat Kinerja, Penggunaan Aplikasi KAI Logistik Trax Terus Meningkat

Bisnis2 Dilihat

PT Kereta Api Logistik (KAI Logistik), terus mengakselerasi transformasi digital guna meningkatkan efisiensi operasional dan kualitas layanan kepada pelanggan. Melalui layanan digital KAI Logistik Trax, solusi pengiriman barang ritel pada layanan bisnis KALOG Express, perusahaan mencatat tren kinerja yang positif, tercermin dari peningkatan signifikan penggunaan aplikasi serta volume pengiriman.

Minat terhadap penggunaan
aplikasi KAI Logistik Trax menunjukkan pertumbuhan yang konsisten. Hingga
November 2025, jumlah unduhan aplikasi tercatat sebanyak 28.589, tumbuh 22%
dibandingkan periode yang sama tahun 2024 sebesar 23.405 unduhan. Sementara itu,
jumlah pendaftaram pengguna meningkat 31%, dari 13.834 pendaftaran pengguna
pada 2024 menjadi 18.109 pendaftaran pengguna pada 2025. Pertumbuhan ini
mencerminkan meningkatnya kepercayaan pelanggan terhadap layanan logistik
berbasis digital yang disediakan KAI Logistik.

Ayi Suryandi, Manager of Marketing and Sales Courier KAI
Logistik menyampaikan bahwa capaian tersebut merupakan hasil dari komitmen
perusahaan dalam menghadirkan layanan yang andal, efisien, dan berorientasi
pada kebutuhan pelanggan.“Transformasi digital yang kami lakukan melalui KAI
Logistik Trax bertujuan memberikan kemudahan dan transparansi layanan.
Peningkatan jumlah unduhan, registrasi pengguna, serta volume pengiriman
menjadi indikator bahwa layanan ini semakin relevan dan mampu menjawab
ekspektasi pelanggan,” ujar Ayi.

Peningkatan
penggunaan aplikasi KAI Logistik Trax juga selaras dengan kinerja operasional
perusahaan. Hingga November 2025, volume transaksi
pengiriman barang melalui aplikasi KAI Logistik Trax mencapai 71.439 kg,
meningkat signifikan 127% dibandingkan periode yang sama tahun sebelumnya
sebesar 31.459 kg. Melalui aplikasi KAI Logistik Trax, pelanggan dapat dengan
mudah melakukan pemesanan digital termasuk penjemputan, memantau pengiriman
secara real time, serta mengakses informasi layanan seperti cek tarif
dan informasi Lokasi service point terdekat.

Sejalan dengan peningkatan
kinerja tersebut, KAI Logistik terus melakukan penyempurnaan layanan digital
guna menjawab kebutuhan pelanggan yang semakin dinamis. Salah satunya melalui
kehadiran tampilan baru aplikasi KAI Logistik Trax dengan pembaruan desain
antarmuka (UI/UX) yang lebih segar, rapi, dan intuitif, sehingga memudahkan
pelanggan dalam mengakses fitur pengiriman secara lebih nyaman dan praktis.

Tidak hanya dari sisi
tampilan, KAI Logistik juga memperkuat sistem aplikasi untuk memastikan layanan
tetap optimal, khususnya dalam menghadapi periode puncak angkutan Natal dan
Tahun Baru (Nataru). Penguatan tersebut dilakukan melalui monitoring performa
aplikasi agar tetap responsif, penyesuaian kapasitas sistem untuk
mengantisipasi lonjakan pengiriman, serta pelaksanaan maintenance preventif
guna menjaga stabilitas layanan selama periode Nataru.

“Ke depan, KAI Logistik
berkomitmen untuk terus mengembangkan fitur dan kapabilitas KAI Logistik Trax
guna memberikan nilai tambah bagi pelanggan serta mendorong pertumbuhan volume
pengiriman yang berkelanjutan. Langkah ini menjadi bagian dari strategi perusahaan
dalam memperkuat daya saing,” tutup Ayi.

Artikel ini juga tayang di VRITIMES