KAI Logistik Catat Pengiriman Lebih Dari 116 Ribu Hewan Peliharaan Hingga Triwulan III Tahun 2025

Bisnis3 Dilihat

Layanan pengiriman hewan peliharaan KAI Logistik terus menunjukkan tren kinerja yang positif dan konsisten sepanjang tahun 2025. Hingga triwulan III, KAI Logistik telah mengirimkan lebih dari 116 ribu ekor hewan peliharaan ke berbagai wilayah di Indonesia. Pertumbuhan layanan ini terus meningkat dari waktu ke waktu, dengan kenaikan rata-rata sebesar 7% per triwulan. Pada triwulan I tahun 2025, tercatat 36.076 ekor hewan peliharaan telah dikirimkan, kemudian meningkat menjadi 38.561 ekor pada triwulan II, dan kembali naik menjadi 41.404 ekor pada triwulan III.

Direktur
Pengembangan Usaha, Riyanta menyampaikan bahwa capaian positif ini menjadi
bukti meningkatnya kepercayaan masyarakat terhadap layanan logistik KAI yang
aman, nyaman, dan ramah terhadap kesejahteraan hewan. “Kami berkomitmen menghadirkan solusi logistik yang tidak hanya efisien
dan tepat waktu, tetapi juga memperhatikan aspek kenyamanan serta keselamatan
hewan selama perjalanan. Petugas kami melakukan pengawalan langsung dengan
prosedur pengiriman yang ketat agar setiap hewan peliharaan tiba dengan selamat
di tujuan,” ujar Riyanta.

Layanan pengiriman hewan peliharaan KAI Logistik
menjadi pilihan utama masyarakat, terutama pada momen-momen tertentu seperti
musim mudik, libur panjang, atau kebutuhan adopsi antar wilayah. Selain
memudahkan pemilik yang ingin bepergian bersama hewan kesayangan, layanan ini
juga mendukung mobilitas adopsi hewan peliharaan oleh breeder atau
pelaku usaha pet care khususnya di Pulau Jawa.

Dalam memastikan rasa aman dan nyaman pemilik hewan
peliharaan saat pengiriman, layanan ini juga telah dilengkapi fitur tracking
real-time
yang memungkinkan pelanggan untuk memantau posisi dan status
pengiriman secara langsung melalui sistem digital KAI Logistik baik melalui website
maupun aplikasi KAI Logistik TRAX.

Ke depan, KAI Logistik berencana untuk terus
melakukan peningkatan kualitas layanan melalui inovasi peningkatan fasilitas
transportasi, serta pelatihan intensif petugas pengiriman agar memahami
karakteristik setiap jenis hewan peliharaan.  “Kami ingin memastikan bahwa setiap hewan peliharaan
yang dikirim bukan hanya sampai tepat waktu, tetapi juga dalam kondisi sehat
dan nyaman. Ini bagian dari upaya kami memperluas nilai layanan logistik yang
humanis dan berkelanjutan,” tutup Riyanta.

Dengan pertumbuhan yang stabil dan kepercayaan
pelanggan yang terus meningkat, layanan pengiriman hewan peliharaan KAI Logistik menjadi
salah satu wujud nyata inovasi logistik berbasis kebutuhan masyarakat,
sekaligus memperkuat posisi KAI
Logistik sebagai penyedia solusi transportasi logistik yang adaptif dan terpercaya.

Artikel ini juga tayang di VRITIMES